Rabu, 19 Juli 2017

Tips “Membujuk” Janin Agar Lahir Alami

Walaupun sekarang teknologi kedokteran sudah sangat canggih dan modern dalam memprediksi waktu persalinan, namun kadang – kadang ibu hamil bisa mengalami stress yang berlebihan sebab prediksi tersebut kadang meleset dari jadwal yang sudah ditentukan.

Stress pada ibu hamil jelas sangat berbahaya karena pada saat proses persalinan ibu hamil harus berada dalam kondisi mental yang stabil serta percaya diri. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebenarnya ada beberapa metode yang bisa dilakukan agar janin dalam kandungan bisa secepatnya dilahirkan.

Cara – cara merangsang proses persalinan secara alami ini banyak dipilih oleh ibu hamil yang tidak kunjung menampakkan tanda – tanda persalinan walaupun waktunya sudah mencukupi. Berikut ini adalah beberapa metode merangsang persalinan alami yang bisa anda coba:
  1. Cara yang pertama adalah dengan melakukan pijat refleksi. Pijat refleksi dipercaya dapat membuat sistem dalam tubuh ibu hamil menjadi seimbang dan bisa merangsang proses persalinan. Lakukan pijat dengan pengawasan dan saran dari dokter kandungan anda.

    Selain berguna untuk mempercepat proses persalinan, pijat refleksi juga bisa membuat jiwa ibu hamil menjadi lebih rileks dan membantu melepaskan stress berlebihan.
     
  2. Senam hamil selain berguna untuk melatih otot – otot persalinan juga sangat berguna untuk merangsang persalinan secara alami. Sekarang sudah banyak sekali kelas senam khusus kehamilan yang bisa Anda ikuti. Selain bisa merangsang persalinan, senam kehamilan juga bis melatih otot – otot rahim agar lebih lancar ketika melalui persalinan kelak.
     
  3. Stress dan kecemasan yang berlebih merupakan musuh utama bagi ibu hamil. Stress dan cemas bisa menghambat proses persalinan oleh karena itu anda harus sedapat mungkin menghilangkan stress dan rasa cemas dengan dibantu oleh dokter, suami, hingga keluarga terdekat.

    Menghilangkan rasa cemas dan stress bisa anda lakukan dengan melakukan kegiatan ringan yang menyenangkan seperti menonton film kesukaan anda, membaca majalah atau buku, hingga melakukan olahraga kehamilan ringan seperti senam atau jalan kaki santai. Browsing di internet untuk mencari info sebanyak – banyaknya mengenai kehamilan dan persalinan juga dapat membantu anda untuk merasa lebih siap dan lebih tenang.
     
  4. Olahraga ringan khusus kehamilan seperti birthing balls sangat berguna untuk merangsang posisi janin agar menjadi mudah ketika dilahirkan. Lakukan kegiatan olahraga ini dengan pengawasan dokter atau seorang ahli yang sudah berpengalaman agar tidak terjadi kesalahan yang fatal bagi anda dan kandungan.
     
  5. Stimulasi pada putting payudara ibu hamil dapat merangsang tubuh untuk melepaskan oksitosin yang sangat berguna untuk membuat rahim mudah berkontraksi dan mempercepat proses persalinan. Anda bisa melakukan kegiatan ini sendiri atau bisa juga dibantu oleh suami. lakukan secukupnya saja dan jangan berlebihan atau akan terjadi kontraksi yang sangat panjang.
     
  6. Banyak orang yang melarang hubungan intim dengan suami ketika seorang wanita sedang hamil besar. Namun secara medis, hubungan intim dengan suami yang dilakukan dengan lembut dan hati – hati sangat berguna untuk merangsang rahim agar berkontraksi dan melemas sehingga proses persalinan bisa dipercepat dan lebih mudah. Lakukan hubungan intim dengan aman dan hati–hati agar tidak menimbulkan banyak goncangan bagi janin.
     
  7. Olahraga ringan lain yang juga berguna bagi ibu hamil dan dapat merangsang persalinan adalah berjalan kaki dengan santai. Jalan kaki merupakan cara yang lain yang alami dan umum untuk merangsang persalinan agar lebih cepat. Selama berjalan kaki atur agar posisi tubuh tetap tegak untuk menghindari sakit punggung.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!