Sabtu, 22 Juli 2017

5 Kebiasaan Yang Memicu Timbulnya Jerawat

Bosan dengan jerawat yang muncul di wajah? Tenang, Anda tak sendiri. Banyak sekali orang yang memiliki masalah dengan jerawat kok. Namun bukan berarti Anda lantas membiarkan jerawat muncul dan hilang dari kulit Anda. Tak hanya mengganggu di saat kemunculannya, noda bekas jerawat juga akan mendatangkan masalah serius untuk penampilan Anda.

Agar dapat mengurangi atau bahkan menghindarkan kulit wajah dari jerawat, cara Anda dalam memperlakukan kulit wajah akan memiliki peran sangat besar. Hindari perlakuan-perlakuan seperti di bawah ini agar wajah Anda bebas dari jerawat yang mengganggu.

Memakai riasan wajah saat sedang berolahraga

Banyak orang yang masih memakai make up ketika sedang berolahraga. Kebiasaan ini adalah kesalahan fatal yang dapat dengan cepat memicu timbulnya jerawat di wajah karena keringat tidak dapat keluar melalui pori-pori kulit akibat tersumbat oleh riasan. Keadaan itu akan membuat debu, kotoran dan sisa make up melekat kuat di wajah dan sehingga membentuk jerawat. Jadi, para pakar dermatologi menyarankan, saat berolahraga sebaiknya wajah Anda bebas dari segala jenis riasan agar kulit wajah bisa ‘bernafas’

Bahkan produk-produk yang dilabeli dapat digunakan saat berolahragapun tidak disarankan kecuali tabir surya jika Anda ingin berolahraga di luar ruangan ketika matahari sudah cukup terik. Hal ini berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung yang dapat membuat kulit mengelap dan terbakar. Jadi sekali lagi, sebaiknya Anda membersihkan wajah Anda terbelih dahulu sebelum Anda pergi berolahraga.

Kebiasaan menyentuh muka (meraba dagu, dahi dan pipi)

Kebiasaan ini seringkali tak tersadari ketika terjadi. Banyak orang yang secara refleks memang melakukan gerakan-gerakan ini, entah untuk mengusap debu, menyeka keringat, atau hanya karena iseng saja. Meraba dagu dan menggosok hidung adalah contoh kegiatan yang dapat membuat jerawat bermunculan. Sebenarnya penyebabnya tidak terletak pada kebiasaan itu tetapi pada tangan Anda yang kemungkinan merupakan sumber kuman dan bakteri yang bisa memicu infeksi atau peradangan yang bisa menyebabkan jerawat.

Kebiasaan buruk lainnya yang berhubungan dengan tangan yang mengusap wajah adalah tanpa sadar Anda memegang-megang jerawat yang sudah tumbuh di wajah Anda bahkan tanpa sadar Anda memencet-mencet dan memaksa jerawat keluar. Hal itu sangat membahayakan kulit karena dapat menyebabkan infeksi yang akan semakin memperparah jerawat. Risiko lainnya adalah luka akibat jerawat yang dikeluarkan paksa akan menyebabkan bekas luka yang permanen.

Malas membersihkan muka

Setelah berkegiatan baik di luar ruangan maupun kegiatan yang menyebabkan Anda berkeringat, sebaiknya Anda segera membersihkan muka Anda. Debu yang menempel di wajah dan keringat yang keluar bila dibiarkan akan bercampur dengan minyak dan menyumbat pori-pori wajah sehingga menyebabkan jerawat. Pakaian basah karena keringat sehabis olah raga sebaiknya juga segera diganti. Jika tidak, hal itu bisa menyebabkan jerawat di punggung, dada atau bagian lainnya.

Mencuci muka dengan sabun yang terlalu keras untuk kulit

Mencuci muka dengan sabun muka yang formulanya keras atau dilengkapi dengan scrubbing yang kasar justru akan membuat kulit Anda bermasalah. Ada dua kemungkinan yang akan terjadi. Yang pertama kelenjar minyak justru akan terpicu untuk memproduksi minyak lebih banyak sehingga memungkinkan jerawat tumbuh semakin subur atau untuk orang yang kulitnya kering akan membuat kulit semakin kering dan kusam.

Mudah stres

Stres juga terbukti dapat memicu timbulnya jerawat. Penjelasan ilmiahnya jelas. stress dapat memicu produksi hormone kortisol yang bisa merangsang kelenjar minyak dalam kulit memproduksi minyak secara terus menerus. Minyak yang berlebih ditambah bakteri dan atau bercampur dengan sel-sel kulit rusak atau mati yang tidak terangkat sempurna akan menjadi perpaduan penyebab jerawat. Jadi, sebaiknya hindari kebiasaan memelihara stres. Bila Anda menyadari sedang dalam keadaan stres, sebaiknya Anda melakukan kegiatan yang dapat meredakan stres. Sebisa mungkin hindari sumber stres dan nikmatilah hidup. Dengan begitu Anda pun akan terbebas dari ancaman jerawat.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!