Minggu, 25 Juni 2017

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Seiring bertambahnya usia, terjadi juga perubahan dalam tubuh kita. Perubahan demi perubahan yang terjadi seperti perubahan hormon, dapat menyebabkan timbulnya bintik kecil kemerahan yang sangat mengganggu wajah dan penampilan Anda. Jerawat!

Ya, jerawat seringkali memang muncul tanpa permisi dan tanpa diundang. Selain perubahan hormon, kehadiran jerawat juga dipicu oleh bakteri, sel kulit mati atau rusak yang tidak terangkat sempurna serta faktor eksternal seperti pola makan, pola hidup dan faktor kebiasaan yang buruk yang bisa memicu munculnya jerawat. Yang meresahkan, jerawat ini seringkali membuat si empunya malu setengah mati karena letaknya di wajah yang tentu saja merusak penampilan. walaupun kecil, efek dri jerawat ini luar biasa lho, orang yang wajahnya di tumbuhi jerawat biasanya jadi kurang percaya diri. Gawat pasti kalau dibiarkan terus menerus terjadi.

Masalahnya kemudian tak hanya berhenti pada jerawat. Setelah dirawat dan diobati, bisa jadi jerawat sembuh dan hilang dari wajah. Namun, seringkali muncul masalah baru yang serupa yakni masalah bekas jerawat berupa noda hitam di wajah. Wajah tak bisa kembali mulus dan bersih seperti sediakala. Sebagai seorang perempuan, tentu saja ini merupakan masalah besar yang serius. Apa mungkin hanya karena jerawat dan bekasnya kita kemudian tidak layak mendapatkan predikat cantik?

Pada dasarnya ada tiga penyebab umum munculnya jerawat di wajah. Pertama adalah peningkatan kadar minyak di wajah. Biasanya hal ini terjadi ketika seseorang mengalami masa pubertas hingga memasuki usia 30 tahun. Di usia inilah seseorang paling sering diserang jerawat di wajah.

Penyebab kedua adalah sumbatan pada pori-pori dan saluran minyak yang terdapat di kulit. dan yang ketiga adalah infeksi dari bakteri pada kulit yang menyebabkan peradangan. Dengan mengetahui penyebab-penyebab tersebut, Anda akan bisa mengenali jenis jerawat Anda. dengan begitu harapannya kemudian adalah Anda dapat melakukan pengobatan dan penanganan dengan tepat dan benar sesuai dengan jenis jerawat yang muncul di wajah Anda.

Selain ketiga penyebab umum di atas, ada juga faktor-faktor lain. Berikut ini adalah faktor-faktor yang membuat jerawat muncul di wajah Anda:
  1. Hormon androgen. Hormon ini fungsinya adalah mengatur produksi minyak di kulit kita.
  2. Faktor genetik. Faktor keturunan juga sangat mempengaruhi apakah orang tersebut ‘berbakat’ terkena jerawat atau tidak.
  3. Faktor kebersihan kulit. biasanya jerawat muncul jika si pemilik wajah enggan membersihkan mukanya setelah bepergian atau sebelum tidur.
  4. Salah menggunakan kosmetik. Kecocokan kosmetik juga berpengaruh pada wajah termasuk memicu munculnya jerawat.
  5. Diet yang salah. Pola makan yang tidak sehat juga malah dapat membuat jerawat menghampiri wajah dan bagian tubuh lain.
  6. Makanan pedas. Makanan pedas akan membuat kuman atau bakteri yang bisa menyebabkan jerawat tumbuh dan berkembang biak dengan cepat karena suhu tubuh meningkat. Jadi sebaiknya hindari makanan terlalu pedas atau dinginkan tubuh Anda setelah makan pedas.
  7. Kurang istirahat atau stres. Keadaan ini akan membuat hormon stres aktif. Hormon ini akan membuat produksi minyak aktif secara berlebihan.
Dari penjelasan di atas dapat dipastikan bahwa jerawat muncul karena berbagai faktor. Oleh sebab itu cara untuk menyembuhkan dan perawatan bekasnya pun akan berbeda-beda. Namun, ada beberapa hal umum yang bisa dilakukan untuk merawat jerawat sehingga tidak meninggalkan bekas yang membandel.
  1. Sesuaikan sabun pencuci muka dengan jenis kulit Anda. pilih sabun dengan pH yang sesuai dengan kulit yakni pH 7. bila wajah mulai menunjukkan gejala yang parah pakailah sabun sulfur yang dapat membunuh bakteri dan kuman yang bersarang di jerawat. Pakailah krim anti jerawat yang aman. Jagalah kebersihan muka dan hindari menggunakan make up terlalu tebal.
  2. Bila jerawat Anda tak terlalu parah atau lukanya tak terlalu dalam, biasanya bintik atau noda bekas jerawatnya juga akan cepat menghilang. Namun, Anda bisa mempercepat proses menghilangkan bekas noda jerawat dengan memakai krim pemutih yang aman.
  3. Bila jerawat terlalu parah dan bekasnya merusak kulit sebaiknya jangan diatasi sendiri. Berkonsultasilah dengan dokter kulit agar muka Anda bisa kembali bersih dan mulus seperti semula.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!