Kamis, 18 Mei 2017

Prevalensi Berat Badan Berlebih dan Obesitas pada Wanita

Kelebihan berat badan dan obesitas merupakan penyebab masalah kesehatan yang serius termasuk tekanan darah tinggi,kolesterol tinggi, DM tipe 2, penyakit jantung koroner dan kanker. Menurut American Dietetic Association, wanita sebaiknya merubah gaya hidup untuk mendapatkan kesehatan optimal sebelum hamil, sehingga dapat mengurangi resiko dalam kehamilan.

Berat badan saja tidak selalu memberikan hasil yang sensitif untuk menghitung ukuran dan proporsional tubuh. Indeks Massa Tubuh (IBM) memberikan hasil yang lebih baik dalam menghitung status berat badan terhadap tinggi badan. IBM tidak dapat digunakan saat hamil, dan harus dihitung sebelum dan sesudah hamil. IBM dihitung dengan cara berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan kuadrat dalam meter, atau berat badan dalam pound dibagi tinggi badan kuadrat dalam inch, dikali 703.

Klasifikasi berat badan pada orang dewasa berdasarkan IBM:

Status berat badan IBM (kg/m2)
Berat badan kurang < 18,5
Berat badan normal 18,5 – 24,9
Berat badan berlebih 25,0 – 29,9
Obesitas ≥ 30

Tahun 2003, obesitas terdapat pada 19,6% wanita usia reproduktif di Amerika. Prevalensi berat badan berlebih dan obesitas sebelum hamil pada wanita di Florida yaitu :
  • Angka tertinggi pada wanita kulit hitam (42,9%), 31,9% pada wanita kulit putih dan 28% pada wanita latin.
  • Tertinggi pada wanita umur diatas 35 tahun (40,6%), 35% pada wanita umur 25 – 34 tahun, 29,7% pada wanita umur 20 – 24 tahun, dan 24,2% pada wanita umur 19 tahun atau kurang.
  • Hampir sama pada semua tingkat pendidikan. Pada wanita yang tidak melalui pendidikan Sekolah Menengah Umum (SMU) 31,7%, 34,3% pada wanita dengan pendidikan setingkat SMU dan 32,9 pada wanita dengan pendidikan yang lebih tinggi dari SMU.
  • Lebih tinggi pada ibu rumah tangga dengan pendapatan  ≤ $39,600  (36,6%), dan wanita dengan pendapatan ≥ $39,601.
  • Hampir sama pada penerima asuransi kesehatan (33.0%) dengan yang tidak (33.3%).
  • Pada wanita menikah 34.0% dan 31.7% pada wanita tidak menikah.
Penemuan ini menunjukkan bahwa sepertiga wanita memiliki berat badan berlebih  dan obes sebelum mereka hamil.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!