Kamis, 25 Mei 2017

Kuret Berdampak Pada Kesuburan?

Ibu hamil yang mengalami keguguran biasanya akan dikuret. Namun yang perlu anda ketahui adalah bahwa ternyata kuret sangat berdampak pada kesehatan. Salah satu dampak yang dapat ditimbulkan oleh kuret dan harus diwaspadai adalah berkaitan dengan kesuburan ibu hamil. Dalam istilah kedokteran, kuret dikenal dengan istilah kuretasi atau dilatasi, yaitu suatu tindakan pembedahan untuk membersihkan dinding rahim.

Sementara itu bagian yang dikuret yaitu lapisan yang menebal yang diakibatkan oleh terjadinya pembuahan pada ovum yang menjadi bantalan janin atau dikenal dengan istilah endometrium.

Pasca kuret, wanita seringkali mengalami gangguan kesehatan, meskipun dampaknya berbeda-beda. Pada beberapa wanita dapat berdampak mengalami gangguan siklus datang bulan. Normalnya, pasca kuret, tubuh akan memproduksi hormon esterogen dan progesteron yang dapat membuat wanita mengalami siklus datang bulan seperti biasanya.

Kesuburan akan pulih minimal sekitar dua minggu pasca kuret. Ada pula wanita yang tidak mengalami datang bulan setelah melakukan kuret. Siklus datang bulan pasca kuret menjadi terganggu dan menjadi tidak teratur bahkan tidak mengalami datang bulan sama sekali. Pada beberapa kondisi pasien, dokter akan memberikan hormon ( setelah dilakukan pemeriksaan) yang dapat memicu terjadinya datang bulan setelah kuret.

Selain itu juga dapat dilakukan serangkaian test yang berkaitan dengan pemeriksaan hormon. Hal ini dilakukan untuk mengetahui adanya hubungan hormon dengan kesuburan pada pasien.

Pasien yang mengalami gangguan datang bulan pasca kuret seringkali berpengaruh pada kesuburan. Hal ini disebabkan oleh adanya siklus normal dalam pembentukan sel telur, yang idealnya antara 21 hingga 35 hari.

Apabila siklus datang bulan telah normal, maka dapat dengan mudah ditentukan masa subur sehingga dapat merencanakan kehamilan kembali. Meskipun tindakan kuret dianggap aman, namun dalam melakukannya harus sesuai dengan prosedur dan indikasi yang seharusnya. Hal ini tentunya akan dapat mengurangi terjadinya kondisi yang buruk, misalnya gangguan siklus datang bulan yang dapat menyebabkan terjadinya asherman’s syndrome.,

yaitu terbentuknya adhesi intrauterine atau perlengketan yang biasanya disebabkan oleh luka yang berkembang pasca kuret. Gangguan ini dapat mengakibatkan siklus haid menjadi berkurang,kejang perut, terjadinya peningkatan rahim, bahkan tidak adanya datang bulan sebelum waktunya (amenorrhea).

Yang lebih parahnya lagi, ibu dapat mengalami masalah kesuburan (infertilitas) hingga kemandulan.

Pada umumnya, pasca kuret rahim akan normal kembali dalam waktu berkisar antara 3 hingga 4 minggu. Untuk mengetahui apakah kondisi rahim normal atau tidak dapat dilihat dari siklus datang bulan dan juga pendarahan yang semakin sedikit dari waktu pertama kali pasca kuret.

Selain itu kondisi rahim yang normal juga dapat dipastikan dengan melakukan pemeriksaan menggunakan alat USG. Anda tidak perlu terburu-buru dalam menyimpulkan bahwa tidak datang bulan dapat menyebabkan terjadinya gangguan hormon. Apabila anda tidak mengalami datang bulan setelah dua bulan pasca kuret, anda bisa mengetesnya menggunakan test pack, karena mungkin saja terjadi kehamilan.

Bagi ibu yang ingin memperlancar siklus datang bulan, sebaiknya anda memperbaiki asupan gizi dan menghindari stress. Pikiran yang tenang dan terhindar dari stress dapat membuat kondisi tubuh menjadi seimbang sehingga memicu hormon pengatur siklus datang bulan normal kembali. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kondisi kesehatan pasien pasca kuret akan berbeda-beda, dan tidak semuanya berdampak pada kesuburan.

Gangguan kesuburan ini dapat terjadi dan ditandai dengan adanya siklus datang bulan yang tidak teratur.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!