Kamis, 25 Mei 2017

Diet Tepat Untuk Penggemar Nasi

Nasi adalah salah satu sumber karbohidrat yang menjadi makanan utama bagi masyarakat Indonesia. Ada yang mengatakan bahwa masyarakat kita tidak bisa hidup tanpa nasi. Bahkan ada tipikal orang yang merasa bahwa dirinya belum karena berat jika tidak memakan nasi sebagai menu utama. Padahal, ia sudah menyatap sepotong burger berukuran besar.

Anda termasuk orang dengan tipikal itu? Banyak kok orang Indonesia yang seperti itu. Nah hal ini akan sangat merepotkan ketika Anda sudah kelebihan berat badan dan ingin memperoleh berat badan ideal kembali dengan cara menurunkan kelebihannya. Masalahnya adalah, ketika progam penurunan berat badan berlangsung, pola makan hatus dijaga dan iatur kembali. Salah sat hal yang harus dikurangi adalah asupan karbohidrat sebagai penyumbang kalori tertinggi dalam sebuah hidangan.

Saat diet berlangsung, karbohidrat memang tidak harus dihindari sama sekali karena karbohidrat merupakan salah satu sumber energi untuk tubuh. Tapi yang pasti porsi atau jumlahnya pasti dikurangi. Mengurangi porsi nasi untuk mereka yang gemar makan ansi pasti bukan persoalan mudah. Untuk melakukannya Anda butuh trik diet berikut ini yang disusun untuk mereka para penggemar nasi.

1. Hindarilah minuman berkabohidrat

Memangnya ada ya minuman yang mengandung karbohidrat. Ada. contohnya adalah vodka tonic, root beer dan juga jus jeruk. Ketiga minuman tersebut mengandung jenis karbohidrat murni. Jumlah kalori yang dikandung oleh segelas minuman itu adalah sekitar 100 kalori bahkan lebih. Jadi, bila ANda ingin menurunkan berat badan dengan efektif hindarilah minuman berkarbohidrat dan minuman manis. Pilihlah air putih yang jelas-jelas baik untuk kesehatan dan juga bebas kalori.

2. Pilih jenis karbohidrat yang paling tepat untuk Anda

Hindarilah makanan dari tepung putih. Contohnya adalah pasta, donat atau muffin. Karbohidrat yang dikandung makanan-makanan tersebut cukup cepat dicerna tubuh dan membuat jumlah gula darah dalam tbuh cepat naik. Dengan begitu setelah meakannya, orang cenderung lebih cepat merasa lapar lagi.

Sebaiknya, Anda memilih makanan sumber karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, kacang-kacangan atau nasi merah. Bahan makanan tersebut juga kaya serat sehingga membuat orang yang mengonsumsinya merasa kenyang dalam waktu yang relatif lama. Dengan begitu Anda tidak akan cepat merasa lapar dan makan dalam porsi yang terkontrol.

3. Ikutilah dan terapkan aturan 2-3-3

Nasi memang makanan yang enak. Hal itu harus diakui. Setelah makan nasi kita akan merasa nyaman dan terbebas dari rasa lapar. Tapi jang terbuai oleh hal tersebut. Anda harus mengatur porsinya agar kalori yang masuk tubuh Anda tidak berlebihan dan mengacaukan progam diet penurunan berat badan Anda.

Ikutilah dan terapkanlah aturan 2-3-3 berikut ini agar kalori yang masuk tubuh tidak berlebihan: 
  • 2 porsi gandum dan sebaiknya tidak lebih (satu porsi gandum setara dengan setengah cangkir mie atau nasi, atau dua lembar roti).
  • 3 porsi buah-buahan sebagai pengganti
  • atau 3 gelas susu dengan takaran 220 ml dalam setiap gelas.
4. Perbanyak konsumsi ikan

Banyak progam diet yang meminta kita menambah jumlah asupan protein dan mengurangi asupan karbohidrat. Salah satu sumber protein yang cukup baik adalah ikan. Apalagi, di negara kita, ikan menjadi salah satu bahan makanan yang mudah di cari dan harganya pun relative terjangkau.

Konsumsi ikan dipercaya dapat memabntu proses perampingan tubuh. Cobalah melupakan pasta atau roti. Gantilah dengan ikan, sayur, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!